ISO




"MBOTEN NGAPUSI MBOTEN KORUPSI"

Program Studi D III Okupasi Terapi PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 22 February 2011 13:43

Jurusan Okupasi Terapi merupakan kelanjutan dari Akademi Okupasi Terapi Surakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1994. Pendidikan ini menghasilkan tenaga ahli di bidang Okupasi Terapi yang professional dan berorientasi pada lapangan kerja baik di dalam maupun di luar negeri. Jurusan Okupasi Terapi Poltekkes Surakarta ini adalah merupakan satu-satunya pendidikan Okupasi Terapi di bawah Departemen Kesehatan RI.

Lulusan Jurusan Okupasi Terapi mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada pasien/klien yang memiliki gangguan fisik dan atau mental yang bersifat sementara atau menetap, dengan menggunakan aktifitas terapeutik untuk meningkatkan komponen kinerja okupasional (senso-motorik, persepsi, kognitif, sosial dan spiritual) dalam area kinerja okupasional (perawatan diri, produktivitas dan pemanfaatan waktu luang), sehingga pasien / klien mampu meningkatkan kemandirian fungsional, meningkatkan derajat kesehatan dan dapat berpartisipasi di masyarakat.

Lulusan ini dapat bekerja di Rumah Sakit Umum maupun Khusus, Rumah Sakit Jiwa, Klinik, Puskesmas, Institusi Pendidikan, Pusat Rehabilitasi Penyandang cacat Fisik maupun Mental dan juga dapat praktek pribadi.

Sumberdaya manusia (Dosen) Jurusan Okupasi Terapi didukung oleh tenaga yang profesiaonal dan ahli dalam bidangnya, baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri. Tenaga dosen di sini terdiri dari dosen tetap dan dosen tidak tetap. Dosen tidak tetap berasal dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Surakarta.

Jumlah dosen tetap Jurusan Okupasi Terapi adalah 21 orang, yang terdiri dari 3 orang lulusan S2 (luar negeri dan dalam negeri),  5 orang dalam proses pendidikan S2, 2 orang lulusan S1 dalam negeri dan 5 orang dalam proses pendidikan S1. Jumlah Instruktur di Jurusan Okupasi Terapi adalah 6 orang. Gelar yang diperoleh setelah menyelesaikan program pendidikan ini adalah Ahli Madya Okupasi Terapi (Amd.OT)

Pengelola Program D III Okupasi Terapi

Ka.Prodi D-III : Ninik Nur Hidayah

Fasilitas

Untuk mendukung proses belajar mengajar dan  kegiatan lainnya serta menciptakan lulusan yang siap pakai, selain sarana dan prasarana standar seperti ruang kelas, ruang dosen, administrasi dan ruang rapat, dll; Jurusan Okupasi Terapi menyediakan fasilitas-fasilitas antara lain sbb:

  • Laboratorium Pediatri
  • Laboratorium Analisis Aktifitas dan Splinting
  • Laboratorium Aktivitas Keseharian (ADL)
  • Laboratorium Komputer dan Internet
  • Fasilitas Olahraga dan tempat ibadah
  • perpustakaan
Last Updated on Tuesday, 18 November 2014 02:23
 

Agenda Kegiatan


Senin 9 April :
Rapat Persiapan Pengabdian Masyarakat @Edelweis 10.00 WIB

Rabu 11 April :
Rapat Koordinasi Pelaksanaan Dies Natalis @Edelweis 10.00 WIB

Kamis-Jumat 12-13 April :
Sosialisasi GERMAS di Kab. Demak Jawa Tengah
Indonesian English

Sistem Informasi

 

Layanan Pengadaan Secara Elektronik

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

lib

Kontak

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday6372
mod_vvisit_counterYesterday5137
mod_vvisit_counterThis week23977
mod_vvisit_counterThis month88219
mod_vvisit_counterAll days88219

We have: 202 guests, 1 bots online
Today: Apr 26, 2018