ISO

ISO 9001



Perkuliahan PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 22 February 2011 16:17

Mata kuliah dibina oleh seorang dosen dan atau lebih pembina mata kuliah yang kompetensinya dapat dipertanggung-jawabkan. Mata kuliah dengan tim pembelajaran di bawah tanggung jawab seorang dosen koordinator mata kuliah. Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk tatap muka, tutorial, praktikum, praktik kerja lapangan, praktik klinik, kuliah lintas prodi, studium general, dan kuliah tamu. Tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang mempertemukan dosen dan mahasiswa dalam mengkaji pokok bahasan tertentu. Tutorial adalah kegiatan pembimbingan kelas yang dilakukan dosen dalam memecahkan permasalahan pokok bahasan tertentu. Praktikum adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui kegiatan percobaan dan penelitian. Kuliah lintas prodi adalah kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh prodi di luar prodi atau perkuliahan terpadu yang bersangkutan. Praktik Klinik atau Praktik Kerja Lapangan adalah kegiatan pembelajaran untuk menguji dan mengaplikasikan teori di tempat pelaksanaan bidang pekerjaan tertentu. Kuliah Tamu adalah kegiatan pembelajaran yang disampaikan dosen tamu untuk menambah pengetahuan dan wawasan bidang ilmu dan pengetahuan tertentu. Program Pengembangan Kepemimpinan dan Kepribadian (P2KK) adalah program yang wajib ditempuh mahasiswa baru, mahasiswa pindahan, dan mahasiswa alih jenjang ke program lebih tinggi di lingkungan Poltekkes Kemenkes Surakarta.

Penyelenggaraan Perkuliahan

Perkuliahan dapat dilaksanakan apabila: Jumlah peserta mata kuliah sesuai dengan peraturan yang berlaku ditingkat Jurusan/Program Studi. Mata kuliah tercantum dalam jadwal kuliah yang disyahkan oleh Pembantu Direktur I Poltekkes Surakarta. Mata kuliah diampu oleh dosen yang kompeten dan ditetapkan oleh Direktur Poltekkes berdasarkan usulan Ketua Jurusan/Program Studi.

Pembatalan mata kuliah akibat ketidak cukupan peserta ditetapkan oleh Ketua Jurusan/Program Studi sesuai peraturan yang berlaku. Pada setiap awal masa perkuliahan setiap dosen memberitahukan kepada mahasiswa peserta kuliah tentang Satuan Acara Perkuliahan (SAP), Modul Praktikum, dan sistem serta bobot penilaian yang dipakai serta passing grade yang ditetapkan.
Pada setiap kegiatan perkuliahan, dosen memeriksa kehadiran mahasiswa dan mengisi jurnal pengajaran. Apabila dosen berhalangan hadir, dosen yang bersangkutan: memberitahukan hal tersebut kepada pihak program studi dan peserta kuliah, menggantikan perkuliahan pada waktu lain atau menggantinya dengan kegiatan terstruktur ekuivalen melalui kesepakatan dengan peserta kuliah.

Pada masa perkuliahan, setiap dosen memberikan bahan ajar, hasil penilaian tugas, dan ujian. Perkuliahan diselenggarakan minimal 80% untuk teori dan 100 % untuk Praktikum dan Praktik Klinik/Lapangan dari jadwal yang ditetapkan. Pada masa perkuliahan, dosen dapat memberikan remidial bagi mahasiswa yang tidak memenuhi sistem dan bobot penilaian mata kuliah sebelum nilai akhir dikeluarkan. Ketentuan-ketentuan teknis tentang kegiatan perkuliahan dan aturan remidial diatur lebih lanjut oleh Jurusan/Program studi. Ketentuan-ketentuan teknis tentang kegiatan perkuliahan dan aturan remidial diatur lebih lanjut oleh program studi.
Gambar Alur*

 

Sistem Informasi

SPMB

One Day Services

Informasi Beasiswa

Informasi Lowongan Kerja

Layanan Pengadaan Secara Elektronik

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Portal Garuda

Kontak

Email: poltekkes_solo@yahoo.com

Telp. (0271) 856929

Fax (0271) 855388