ISO

ISO 9001



Keperawatan

Jurusan Keperawatan Poltekkes Surakarta merupakan kelanjutan dari Akademi Keperawatan Depkes Surakarta yang berdiri sejak tahun 1977 yang semula bernama Sekolah Perawat Kesehatan (SPK). Pendidikan ini menghasilkan tenaga Ahli Madya Keperawatan yang profesional dan berorientasi pada lapangan kerja baik di dalam maupun di Luar Negeri. Jurusan Keperawatan ini pada tahun 2006 mengelola beberapa Program DIII Keperawatan, yaitu Kelas Reguler, Kelas Ekstensi, Program Khusus, Kelas Khusus, Program Elementary Training.

Pada tahun akademik 2006/2007 Jurusan Keperawatan Poltekkes Surakarta membuka Program Kelas Unggulan Bertaraf Internasional (6 Semester). Program ini bertujuan untuk menghasilkan Perawat Profesional yang dipersiapkan untuk bekerja di luar negeri maupun pada Rumah-Rumah Sakit Internasional di dalam negeri. Proses Belajar-Mengajar pada kelas unggulan ini menggunakan pengantar Bahasa Inggris dan Laboratorium maupun Rumah sakit yang digunakan untuk praktek mahasiswa menggunakan Laboratorium dan Rumah Sakit Modern bertaraf Internasional. Program Spesifik Unggulan meliputi : Penerapan Kurikulum “Sister School Program” yang mengacu pada ICN (International Competency Nursing), Penyelenggaraan sistem “Magang Kerja di Rumah Sakit sebagai Perawat Klinik” bagi Dosen, Penyelenggaraan sistem “Magang Internship” di Jakarta dan Surabaya bagi mahasiswa, Penyelenggaraan Diklat Kemahiran Klinik bidang Perawatan Emergency, Penyelenggaraan pembelajaran praktek komunitas di daerah binaan.

Dosen Jurusan Keperawatan adalah Para Perawat Profesional dengan kualifikasi pendidikan S1 dan S2 lulusan Universitas baik dalam maupun luar negeri, serta dokter spesialis sesuai dengan bidangnya.

Setelah menyelesaikan program ini gelar yang diperoleh adalah Ahli Madya Keperawatan (Amd.Kep)

Pengelola Jurusan Keperawatan

Ketua Jurusan D-III : Sudiro, S.Kp, M.Pd
Sek Jur : Siti Lestari, MN

Ketua Prodi D-III : Widodo, MN

Ketua Prodi D-IV : Addi Mardi H, MN

Fasilitas

Untuk mendukung proses belajar mengajar dan  kegiatan lainnya serta menciptakan lulusan pofesional yang siap pakai, selain fasilitas ruang kuliah, ruang dosen dan administrasi, ruang rapat, auditorium, Jurusan Keperawatan menyediakan fasilitas-fasilitas Laboratorium antara lain:

  • Laboratorium Emergency dan Critical Nursing
  • Laboratorium Medical Surgical Nursing
  • Laboratorium Maternity Nursing
  • Laboratorium Pediatric Nursing
  • Laboratorium Community Nursing
  • Laboratorium Psychiatric Nursing
1 Program Studi D IV Keperawatan
2 Program Studi D III Keperawatan

Sistem Informasi

SPMB

One Day Services

Informasi Beasiswa

Informasi Lowongan Kerja

Layanan Pengadaan Secara Elektronik

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Portal Garuda

Kontak

Email: poltekkes_solo@yahoo.com

Telp. (0271) 856929

Fax (0271) 855388