ISO

ISO 9001



Kebidanan

Bidan sebagai output dari Jurusan Kebidanan ini berperan penting dalam  peningkatan kesehatan ibu dan anak di masyarakat. Dengan demikian, para bidan ini berperanan sangat penting dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia. Lulusan Jurusan Kebidanan (Bidan) dapat bekerja di Rumah Sakit, Puskesmas, Rumah Bersalin, Balai Pengobatan dan dapat melakukan Praktek Bidan Mandiri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sumberdaya manusia (Dosen) Jurusan Kebidanan didukung tenaga pengajar yang professional dan ahli dalam bidangnya, baik lulusan dari dalam negeri maupun lulusan luar negeri. Tenaga pengajar Jurusan Kebidanan terdiri dari dosen tetap dan dosen tidak tetap. Dosen tidak tetap berasal dari Universitas  Sebelas Maret (UNS), Universitas Widya Dharma Klaten dan dari Rumah Sakit Umum Pusat Tegalyoso Klaten. Jumlah dosen tetap Jurusan Kebidanan 31 orang yang terdiri dari lulusan S2 sebanyak 8 orang dan setingkat S1/D IV sebanyak 23 orang. Dari 8 orang lulusan  S2, 4 diantaranya adalah lulusan S2 Bidan dari luar negeri.

Jurusan Kebidanan Poltekkes Surakarta merupakan kelanjutan dari Akademi Kebidanan Depkes Klaten yang berdiri sejak tahun 1979, yang semula bernama Sekolah Perawat Kesehatan (SPK). Pendidikan ini menghasilkan Bidan yang profesional dan berorientasi pada lapangan kerja.

Jurusan Kebidanan Poltekkes Surakarta saat ini mengelola 2 (dua) program yaitu: (1) Program Diploma III Kebidanan dan (2) Program Studi Diploma IV Bidan Pendidik. Program Studi Diploma IV Bidan Pendidik ini bertujuan menghasilkan Sarjana Sain Terapan Bidan Pendidik (SSiT). Lulusan ini dipersiapkan sebagai dosen/instruktur untuk mengajar maupun membimbing praktek pada mahasiswa program D III kebidanan. Program D IV Bidan Pendidik ini adalah program khusus sehingga hanya menerima mahasiswa lulusan D III Kebidanan.Beban yang harus diselesaikan pada program diploma IV ini (Program Khusus) sebanyak 44 SKS yang dapat ditempuh selama 2 semester. Perkuliahan dilaksanakan tiga hari perminggu, yaitu pada hari Kamis, jum’at dan Sabtu.

Pengelola Jurusan Kebidanan

Jurusan Kebidanan
Gelar / Sebutan : Ahli Madya Kebidanan (Amd.Keb)
Ketua Jurusan : Emy Suryani, M.Mid
Sekjur   : Suroso, S.Pd, M.Kes

Ka.Prodi D-III : Endang Suwanti, S.Pd, M.Kes

Ka.Prodi D-IV : Sih Rini Handajani, M.Mid

Fasilitas

Untuk mendukung proses belajar mengajar dan  kegiatan lainnya serta menciptakan lulusan yang siap pakai, selain sarana dan prasarana standar seperti ruang kelas, perkantoran, auditorium dll; Jurusan Kebidanan menyediakan fasilitas-fasilitas antara lain sbb:

  • Laboratorium Umum
  • Laboratorium Pemeriksaan Ibu Hamil
  • Laboratorium Bersalin
  • Laboratorium Bayi dan Anak
Title Filter     Display # 
# Article Title Author Hits
1 Program Studi D IV Bidan Pendidik Administrator 20901
2 Program Studi D III Kebidanan Administrator 22999
 

Sistem Informasi

SPMB

One Day Services

Informasi Beasiswa

Informasi Lowongan Kerja

Layanan Pengadaan Secara Elektronik

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Portal Garuda

Kontak

Email: poltekkes_solo@yahoo.com

Telp. (0271) 856929

Fax (0271) 855388