ISO



Misi : Politeknik Kementerian Kesehatan Surakarta ”Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi yang Unggul, Kompetitif dan Bertaraf Internasional pada tahun 2035”; VISI: 1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi kesehatan yang unggul dan kompetitif sebagai centre of excellent; 2. Menyelenggarakan penelitian yang mendukung program pendidikan; 3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan berbasis ilmiah; 4. Menyelenggarakan tata kelola penyelenggaraan pendidikan yang akuntabel dengan jaminan mutu; 5.Mengembangkan kemitraan dengan berbagai sektor baik nasional maupun internasional; 6. Menyelenggarakan diversifikasi usaha dan kewirausahaan.
Joomla!
Joomla! The most popular and widely used Open Source CMS Project in the world.
Agenda Kegiatan Minggu Ini :
Ortotik Prostetik

op.JPGProgram Studi Ortotik Prostetik merupakan program studi dari Jurusan Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Surakarta dan satu-satunya jenjang pendidikan tinggi di bidang Ortotik Prostetik di bawah naungan Kementerian Kesehatan RI. Program studi ini mulai dibuka pada tahun 2003. Jurusan Ortotik Prostetik mempunyai 2 (dua) Program Studi yaitu Diploma III dan Diploma IV yang diselenggarakan untuk mencetak lulusan Ahli  Madya Ortotik Prostetik (A.Md.OP) dan Sarjana Sain Terapan (S.ST.OP) yang profesional.

Tenaga Ortotik Prostetik profesional adalah tenaga kesehatan yang mampu melaksanakan pelayanan kesehatan dalam hal membuat dan memperbaiki ORTOSE (alat penguat anggota gerak) dan PROTESE (anggota gerak tiruan), mencegah dan mengoreksi kecacatan serta memperbaiki estetika dengan memandang manusia seutuhnya sehingga dapat hidup mandiri. Beban studi yang harus diselesaikan sebanyak 120 SKS dan dapat ditempuh selama 6 semester. Semester I s/d V kuliah dan paktek laboratorium di kampus dan pada semester VI melakukan praktek klinik di rumah sakit/lahan praktek. Saat ini sedang diupayakan untuk pengembangan Program Studi Ortotik Prostetik sebagai Centre of Excelent, dengan dasar pertimbangan tenaga OP saat ini masih langka khususnya di Indonesia, tingkat penderita cacat tubuh yang cenderung meningkat, Surakarta merupakan pusat rujukan nasional untuk penanganan penderita cacat tubuh sehingga terdapat Rumah sakit dan pusat rehabilitasi yang khusus menangai penderita cacat tubuh.

Untuk memenuhi standart kualitas ketenagaan yang ditetapkan oleh ISPO (Ikatan Ortotik Prostetik Dunia) maka Prodi Ortotik Prostetik Poltekkes Surakarta bekerja sama dan sekaligus mendapat bantuan dari Handicap International dari Perancis. Bantuan yang diberikan berupa tenaga ahli (dosen), peralatan laboratorium dan dalam bentuk pelatihan-pelatihan. Saat ini sedang dilakukan pengembangan kurikulum pendidikan OP untuk mencapai standart ISPO level II.

 

Pengelola Jurusan Ortotik Prostetik

Ketua Jurusan    : dr. Yopi Harwinanda Ardesa, M.Kes

SekJur                    : Nur Rachmat, M.Kes

Pengelola Program Studi Ortotik Prostetik

Kaprodi D-III       : Agus Setyo Nugroho, M.Kes

Kaprodi D-IV      : Drs. Alfan Zubaidi, M.Kes


A. Kompetensi Mahasiswa Jurusan Ortotik Prostetik:

  • Mampu memberikan pelayanan masalah gerak dan fungsi pada aspek muskuloskeletal dan reproduksi, neuromuskuler dan perilaku, kardiovaskuler pulmonal, serta integument sepanjang rentang kehidupan
  • Mampu memberikan pelayanan promotif dan preventif masalah gerak dan fungsi pada aspek kesehatan individu dan masyarakat.
  • Mampu berkomunikasi dan berkoordinasi baik verbal maupun non verbal secara efektif dengan pasien, teman sejawat, tim medis dan masyarakat dalam pelayanan kesehatan masalah gerak dan fungsi pada aspek muskuloskeletal dan reproduksi, neuromuskuler dan perilaku, kardiovaskuler pulmonal, serta integument sepanjang rentang kehidupan
  • Mampu melaksanakan aspek legal dan etika profesi dalam pelayanan masalah gerak dan fungsi pada aspek muskuloskeletal dan reproduksi, neuromuskuler dan perilaku, kardiovaskuler pulmonal, serta integument sepanjang rentang kehidupan
  • Mampu melakukan pendidikan/penyuluhan (promosi kesehatan) masalah gerak dan fungsi pada aspek muskuloskeletal dan reproduksi, neuromuskuler dan perilaku, kardiovaskuler pulmonal, serta integument sepanjang rentang kehidupan kepada pasien/klien, keluarga dan masyarakat.
  • Mampu memonitor dan mengevaluasi pelayanan kesehatan masalah gerak dan fungsi.

B. Fasilitas Pendidikan pada Jurusan Ortotik Prostetik

Untuk mendukung proses belajar mengajar dan  kegiatan lainnya serta menciptakan lulusan yang siap pakai Jurusan Ortotik Prostetik menyediakan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:

  • Ruang kelas ber AC
  • Perpustakaan
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium Elektroterapi
  • Laboratorium Terapi Latihan (Exercices Therapy)
  • Laboratorium Kardiovaskuler dan Respirasi
  • Laboratorium Massage dan Manipulative Therapy
  • Laboratorium / Workshop Ortotik Prostetik
  • Hotspot area

 

Title Filter     Display # 
# Article Title Author Hits
1 Program Studi D III Ortotik Prostetik Administrator 32748
 

Sistem Informasi

SIPENMARU

Informasi Beasiswa

Informasi Lowongan Kerja

Layanan Pengadaan Secara Elektronik

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Portal Garuda

 

Portal Garuda

lib

lib

Kontak

Email: poltekkes_solo@yahoo.com

Telp. (0271) 856929

Fax (0271) 855388