ISO



Agenda Kegiatan Minggu Ini
Banner
Senin 20 Feb : 1.Tindak Lanjut MOU dengan Universitas of Alberta Canada @Edelweis 08.00; 2.Presentasi Proposal Penelitian Pemula dan Calon Dosen @Edelweis 15.00; Selasa 21 Feb : 1.Uji Tulis Sipenmaru D4 Alih Jenjang @BaleKrida 08.00; 2. Presentasi Proposal Penelitian Pemula dan Calon Dosen @Edelweis 15.00; Rabu 22 Feb Uji Kesehatan D4 Alih Jenjang @Lab.Keperawatan 08.00; Kamis Jumat 23-24 Feb : Penyusunan Draft KPI&Extraordinary Poltekkes Surakarta @Pondok Asri Tawangmangu
Jurusan
Sekilas Profil Program Studi D-IV Fisioterapi
Written by UPTIK_Poltekkes
Apr
10
2015
PDF
Print

Program Studi Diploma IV Fisioterapi ini merupakan bagian dari Jurusan Fisioterapi yang menyelenggarakan Pendidikan Program Diploma IV Fisoterapi (8 Semester).

Lulusan dari pendidikan ini disebut fisioterapis dengan kualifikasi AHLI FISIOTERAPI dan berhak menyandang gelar SARJANA SAIN TERAPAN FISIOTERAPI ( SST FT). Di Indonesia saat ini masih sangat sedikit penyandang profesi fisioterapis yang bergelar Sarjana Sain Terapan Fisioterapi.

Pengelola Program Studi D IV Fisioterapi

Ketua Prodi  : Budi Utomo, SKM, SST.FT,MKes

Sek Prodi     : Marti Rustanti, SST.FT, MPH

Fasilitas

Untuk mendukung proses belajar mengajar dan  kegiatan lainnya serta menciptakan lulusan yang unggul dan kompetitif, selain sarana dan prasarana, standar seperti ruang kelas, perkantoran, auditorium dll; Jurusan Fisioterapi menyediakan fasilitas-fasilitas Laboratorium sbb:

 

  • Laboratorium Pediatri
  • Laboratorium Massage dan Manual Therapy
  • Laboratorium Terapi Latihan (Exercices Therapy)
  • Laboratorium Kardiovaskuler dan Respirasi
  • Laboratorium Hidro Therapy & Spa
  • Laboratorium Electro Therapy
Last Updated on Tuesday, 28 April 2015 02:35
 
Visi Misi Prodi D-IV Akupunktur
Written by UPTIK_Poltekkes
Mar
25
2015
PDF
Print

VISI & MISI PROGRAM STUDI DIPLOMA IV AKUPUNKTUR

VISI

Pada Tahun 2020 menjadi Institudi Pendidikan Diploma IV Akupunktur yang ungggul dan kompetitif dalam hal lulusan, kurikulum, maupun pengelolaan di kawasan Nasional dan Global serta menjadi terdepan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Bidang Kesehatan dan Akupunktur Estetika.

MISI

1. Menyelenggarakan Pendidikan Diploma IV Akupunktur yang memiliki keunggulan intelektual dan ketrampilan di bidang akupunktur estetika dengan jaminan mutu Pendidikan Tinggi Kesehatan.

2. Melaksanakan penelitian aplikatif yang mendukung pengembangan pendidikan Akupunktur Estetika.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masayarakat dalam lingkup layanan Akupunktur Estetika.

4. Mengembangkan kemitraan dengan lembaga lain yang mendukung Pendidikan Diploma IV Akupunktur.

5. Mengembangkan jiwa enterpreneur di bidang Akupunktur Estetika.

Last Updated on Wednesday, 25 March 2015 01:51
 
Program Studi D III Okupasi Terapi
Written by Administrator
Feb
22
2011
PDF
Print

Jurusan Okupasi Terapi merupakan kelanjutan dari Akademi Okupasi Terapi Surakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1994. Pendidikan ini menghasilkan tenaga ahli di bidang Okupasi Terapi yang professional dan berorientasi pada lapangan kerja baik di dalam maupun di luar negeri. Jurusan Okupasi Terapi Poltekkes Surakarta ini adalah merupakan satu-satunya pendidikan Okupasi Terapi di bawah Departemen Kesehatan RI.

Lulusan Jurusan Okupasi Terapi mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada pasien/klien yang memiliki gangguan fisik dan atau mental yang bersifat sementara atau menetap, dengan menggunakan aktifitas terapeutik untuk meningkatkan komponen kinerja okupasional (senso-motorik, persepsi, kognitif, sosial dan spiritual) dalam area kinerja okupasional (perawatan diri, produktivitas dan pemanfaatan waktu luang), sehingga pasien / klien mampu meningkatkan kemandirian fungsional, meningkatkan derajat kesehatan dan dapat berpartisipasi di masyarakat.

Lulusan ini dapat bekerja di Rumah Sakit Umum maupun Khusus, Rumah Sakit Jiwa, Klinik, Puskesmas, Institusi Pendidikan, Pusat Rehabilitasi Penyandang cacat Fisik maupun Mental dan juga dapat praktek pribadi.

Sumberdaya manusia (Dosen) Jurusan Okupasi Terapi didukung oleh tenaga yang profesiaonal dan ahli dalam bidangnya, baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri. Tenaga dosen di sini terdiri dari dosen tetap dan dosen tidak tetap. Dosen tidak tetap berasal dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Surakarta.

Jumlah dosen tetap Jurusan Okupasi Terapi adalah 21 orang, yang terdiri dari 3 orang lulusan S2 (luar negeri dan dalam negeri),  5 orang dalam proses pendidikan S2, 2 orang lulusan S1 dalam negeri dan 5 orang dalam proses pendidikan S1. Jumlah Instruktur di Jurusan Okupasi Terapi adalah 6 orang. Gelar yang diperoleh setelah menyelesaikan program pendidikan ini adalah Ahli Madya Okupasi Terapi (Amd.OT)

Pengelola Program D III Okupasi Terapi

Ka.Prodi D-III : Ninik Nur Hidayah

Fasilitas

Untuk mendukung proses belajar mengajar dan  kegiatan lainnya serta menciptakan lulusan yang siap pakai, selain sarana dan prasarana standar seperti ruang kelas, ruang dosen, administrasi dan ruang rapat, dll; Jurusan Okupasi Terapi menyediakan fasilitas-fasilitas antara lain sbb:

  • Laboratorium Pediatri
  • Laboratorium Analisis Aktifitas dan Splinting
  • Laboratorium Aktivitas Keseharian (ADL)
  • Laboratorium Komputer dan Internet
  • Fasilitas Olahraga dan tempat ibadah
  • perpustakaan
Last Updated on Tuesday, 18 November 2014 02:23
 
Program Studi D III Ortotik Prostetik
Written by Administrator
Feb
22
2011
PDF
Print

Program Studi Ortotik Prostetik merupakan program studi dari Jurusan Fisioterapi Poltekkes Surakarta dan merupakan satu-satunya jenjang pendidikan tinggi di bidang Ortotik Prostetik di Indonesia. Program studi ini mulai dibuka pada tahun 2003.

Tenaga Ortotik Prostetik profesional adalah tenaga kesehatan yang mampu melaksanakan pelayanan kesehatan dalam hal membuat dan memperbaiki ORTOSE (alat penguat anggota gerak) dan PROTESE (anggota gerak tiruan), mencegah dan mengoreksi kecacatan serta memperbaiki estetika dengan memandang manusia seutuhnya sehingga dapat hidup mandiri. Beban studi yang harus diselesaikan sebanyak 120 SKS dan dapat ditempuh selama 6 semester. Semester I s/d V kuliah dan paktek laboratorium di kampus dan pada semester VI melakukan praktek klinik di rumah sakit/lahan praktek.

Saat ini sedang diupayakan untuk pengembangan Program Studi Ortotik Prostetik sebagai Centre of Excelent, dengan dasar pertimbagan: tenaga OP saat ini benar benar masih langka khususnya di Indonesia, tingkat penderita cacat Tubuh yang cenderung meningkat, Poltekkes Surakarta saat ini merupakan Institusi pendidikan satu-satunya di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan Ortotik Prostetik, Di Surakarta adalah merupakan pusat rujukan nasional untuk penanganan penderita cacat tubuh sehingga terdapat Rumah sakit dan pusat rehabilitasi yang khusus menangai penderita cacat tubuh.

Untuk memenuhi standart kwalitas ketenagaan yang ditetapkan oleh ISPO (Ikatan Ortotik Prostetik Dunia) maka Prodi Ortotik Prostetik Poltekkes Surakarta bekerja sama dan sekaligus mendapat bantuan dari Handicap International dari Perancis.

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini gelar yang berhak diperoleh adalah Ahli Madya Ortotik Prostetik (Amd.OP)

Pengelola Program Studi D III Ortotik Prostetik

Ketua Jurusan : dr. Yoppi Harwinandha A
SekJur      : Nur Racmat, M.Kes

Kaprodi    : Agus Setyo Nugroho, M.Kes

Fasilitas

Untuk mendukung proses belajar mengajar dan  kegiatan lainnya serta menciptakan lulusan yang siap pakai, selain sarana dan prasarana standar seperti ruang kelas, perkantoran, auditorium dll; Jurusan Fisioterapi dan Program Studi Ortotik Prostetik menyediakan fasilitas-fasilitas Laboratorium sbb:

  • Laboratorium Elektroterapi
  • Laboratorium Terapi Latihan (Exercices Therapy)
  • Laboratorium Kardiovaskuler dan Respirasi
  • Laboratorium Massage dan Manipulative Therapy
  • Laboratorium / Workshop Ortotik Prostetik
Last Updated on Monday, 29 February 2016 04:37
 
<< Start < Prev 1 2 3 Next > End >>

Page 1 of 3

Sistem Informasi

SIPENMARU

Informasi Beasiswa

Informasi Lowongan Kerja

Layanan Pengadaan Secara Elektronik

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Portal Garuda

Portal Garuda

elearning

lib

Kontak

Email: poltekkes_solo@yahoo.com

Telp. (0271) 856929

Fax (0271) 855388